Ilmu SEO Dasar Yang Harus Youtuber Pemula Ketahui Ketika Membuat Konten


Youtube adalah salahsatu platform terbesar didunia dan mesin pencari atau search engine terbesar kedua didunia setelah google pastinya.

Youtube sendiri sebenarnya bukan hanya sekedar penyedia vieo berbasis online, tetapi juga menjadi alat bagi penggunanya untuk menghasilkan uang melalui adsense.

Pada awal 2018 lalu, youtube telah mengeluarkan peraturan baru yang berisi jika channel anda ingin dimonetisasi setidaknya dalam waktu 12 bulan atau 1 tahun channel anda harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 watch time (waktu tonton).

Disitulah pentingnya kita mempelajari teknik SEO yang baik dan benar agar kita bisa mengejar target tersebut.

Untuk kalian yang youtuber pemula banyak hal yang harus kalian pelajari dalam hal youtube itu sendiri , tujuannya agar channel kalian terus grow, grow and grow.

Maka dari itu dalam artikel ini , kami akan memberitahu anda ilmu basik SEO yang harus kalian ketahui ketika membuat konten youtube , simak dengan sekasama !

1. METADATA

Metadata adalah informasi mengenai video anda, seperti judul video, deskripsi, dan tag. Metadata membantu pengguna menemukan video Anda ketika mereka menelusuri sesuatu di YouTube.

Sampai hari ini, Metadata adalah salahsatu hal terpenting dunia SEO Youtube dalam hal mesin pencarian google .

Tapi sayangnya, anda tidak bisa mengandalkan ini jika video anda ingin muncul di rekomendasi youtube.

Beberapa waktu lalu youtube mengeluarkan sebuah paper yang tentang algoritma rekomendasi youtube menyebutkan bahwa, Metadadata adalah sumber informasi yang penting, meskipun faktanya metadata ini sering tidak lengkap dan bahkan tidak ada sehingga dapat menjadi hambatan dalam menampilkan video anda dalam youtube rekomendasi video.
Klik link ini jika ingin belajar metadata : Belajar Metadata Youtube 

Untuk menghindari kesalahan metadata youtube sebaiknya pelajari menggunakan link diatas  atau kesimpulannya gunakanlah metadata yang lengkap dan berkaitan dengan video anda.

2. TITLE (JUDUL) 

Hal pertama yang perlu rekan-rekan ketahui adalah pastikan judul video yang anda masukkan sesuai dengan video yang anda upload . Buatlah Judul yang menarik tapi jangan berlebihan, yang sekiranya dapat membuat pengguna youtube lainnya penasaran seperti apa isi video anda.

Sertakan katakunci dan Tag video anda pada Judul video yang anda masukkan .
Contoh : tag anda motivasi, video motivasi , inspirasi . Tulislah judul " Motivasi Sedih blablabla".

Judul video yang menarik perhatian bahkan bisa dikatakan lebih penting  daripada video anda muncul paling atas di pencarian, karena platform ini 70 persen watch timenya bergantung pada rekomendasi video.

Jadi pikirkan itu baik-baik.

3. DESKRIPSI
 
Ini nih yang menjadi masalah kebanyakan youtuber pemula , terlalu menganggap remeh deskripsi . Padahal jika kalian paham , deskripsi ini menentukan banyak loh di platform youtube itu sendiri .

Jika ingin menulis deskripsi , pastikan dideskripsi itu ada kata kunci dari video anda dan juga pastikan setidaknya deskripsi anda memuat 250 kata.

Semakin banyak jumlah informasi yang anda masukkan dideskripsi , semakin banyak pula informasi yang youtube dapatkan tentang video atau channel anda , dan disinilah manfaatnya . 

Selain itu , jangan lupa menggunakan backlink di deskripsi anda karena itu salahsatu ilmu SEO yang juga cukup penting bahkan bukan hanya di youtube di blog pun juga begitu . (Backlink is everything).

4. TAGS

Kata kunci Tag dalam youtube dari dulu memang sangat penting , pastikan anda memasukkan Tag yang sesuai dengan video yang anda upload , kenapa ? karena youtube akan menilai video anda masuk ke kategori mana juga menggunakan Tag itu .

Jadi, misalnya ketika orang lain menonton video dengan kategori motivasi, jika tag yang kamu masukkan adalah motivasi maka kemungkinan videomu akan muncul di rekomendasi dari video dengan kategori yang sama.

Jika butuh Tag Generator silahkan klik link ini :  Tag Generator.

5. PLAYLIST

Dafatr putar atau bahasa inggrisnya Playlist sangat penting dalam menarik viewers yang banyak , jadi buatlah Daftar putar terkait video dengan genre atau kategori yang sama untuk channel anda .

Karena jika anda memiliki satu playlist dengan isi 5 video didalamnya misalnya . Maka jika seseorang menonton video kamu 1 dari 5 itu , maka secara otomatis 4 lainnya akan menjadi video rekomenasi dari video yang sedang di play tersebut.

6. THUMBNAIL 

Ibarat sebuah buku , Thumbnail adalah kovernya , semakin menarik dan baik kovernya semakin banyak juga orang yang akan tertarik . Tapi usahakan buatlah thumbnail yang jujur jangan malah menyesatkan pengguna lain.

7.  FILENAME (NAMA FILE)

Yang dimaksud disini adalah nama file dari video anda yang anda upload dari komputer atau perangkat anda. Pastikan nama filenya sama dengan kata kunci video anda karena dibeberapa artikel dan video yang saya temukan diinternet, yang menyebutkan Nama file video asli yang anda upload lumayan berpengaruh untuk video yang anda upload di youtube.


Itulah hal dasar yang youtuber pemula harus pahami tentang youtube , karena persaingan diyoutube tidaklah mudah , jadi carilah ilmu tentang SEO youtube sebanyak-banyaknya dan jangan lupa share artikel kami ini jika anda rasa bermanfaat .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu SEO Dasar Yang Harus Youtuber Pemula Ketahui Ketika Membuat Konten"

Post a Comment

Series 4 "sebuah perjalanan panjang"